Home » » Aturan Diet Untuk Penderita Diabetes

Aturan Diet Untuk Penderita Diabetes

Written By Unknown on Senin, 16 Desember 2013 | 04.28

Aturan Diet Untuk Penderita Diabetes - Setiap penyakit tentu memiliki aturan diet masing-masing agar kesehatan pasien tak makin memburuk. Begitu juga pada pasien diabetes, khususnya tipe 2. Sebuah studi terbaru dari Swedia mengungkapkan aturan terbaik untuk diet pada pasien diabetes tipe 2.

Studi yang dilakukan oleh Linköping University di Swedia ini menunjukan bahwa satu kali makan per hari menggunakan diet Mediterania memiliki pengaruh kesehatan terbaik terhadap pasien diabetes dibandingkan diet dengan tiga kali makan. Diet Mediterania ini sendiri merupakan pola makan yang mengutamakan konsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, ikan dan tumbuhan. 

Penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE ini berusaha mengukur efek diet tertentu terhadap kadar glukosa darah, lemak darah, dan hormon lain pada pengidap diabetes. Tiga jenis diet yang diuji antara lain diet rendah lemak, diet rendah karbohidrat dan diet Mediterania. Dua jenis diet pertama dibagi atas tiga kali makan dalam sehari, sementara diet Mediterania diberikan hanya sekali yaitu dalam jam makan siang. 

Aturan Diet Untuk Penderita Diabetes

"Kami menemukan bahwa diet rendah karbohidrat meningkatkan kadar glukosa darah jauh lebih sedikit daripada diet rendah lemak, tetapi kadar trigliseridanya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan diet rendah lemak. Sementara diet Mediterania tidak menyebabkan kadar glukosa darah menjadi lebih tinggi," ungkap para peneliti, seperti dikutip dari Tips Cewek Terbaru dari Medical Daily. 

Hasil ini didapat dari uji coba cross-over acak terhadap 21 pasien yang didiagnosis dengan diabetes tipe 2. Selama pengujian, para peneliti mengumpulkan enam sampel darah terpisah dari masing-masing subjek.

Menurut salah seorang penulis studi ini, Fredrik Nyström, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk pasien diabetes lebih baik makan sekali dalam porsi besar, bukan beberapa kali dalam porsi kecil. "Penting juga untuk mempertimbangkan kembali komposisi gizi dan pengaturan makanannya," lanjutnya. 

Yang perlu diingat dalam melakukan diet Mediterania:

1. Menu makan diutamakan pada tumbuhan, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan
2. Mengganti mentega dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun
3. Menggunakan herbal dan rempah-rempah sebagai pengganti garam untuk makanan rasa
4. Membatasi konsumsi daging merah, yaitu tidak lebih dari beberapa kali dalam sebulan
5. Makan ikan dan unggas setidaknya dua kali seminggu.

Demikian tadi beberapa Aturan Diet Untuk Penderita Diabetes yang bisa anda praktekkan dan semoga bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.
Terima kasih kunjungannya anda baru saja membaca artikel dari Tips Cewek Terbaru dengan judul yang membahas tentang Aturan Diet Untuk Penderita Diabetes Posted by Unknown at 04.28 di bawah label . Anda bisa berlangganan setiap update dari kami melalui aurat elektronik yang nantinya akan masuk secara otomatis ke inbox anda dengan memasukkan alamat email anda di kolom kotak bawah ini.

Subscribe via RSS Feed

Your information will not be shared. Ever.

Advertisement

0 comments:

Posting Komentar

 
RSS Feed | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | Contact Us
Copyright © 2013. Tips Cewek Terbaru - All Rights Reserved
Visit World Wide Worth
Proudly powered by Blogger